5 Bahaya Mengerikan Radiasi Tower dan Ponsel Bagi Kesehatan

Gambar: rcrwireless
Tak heran, peralatan digital memang sudah banyak digunakan di berbagai negara. Selain sangat memudahkan aktivitas sehari hari, terdapatnya tower jaringan kini juga memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi jarak jauh. Karena keberadaannya sangat berhubungan terhadap kuatnya jaringan sinyal yang dikembangkan oleh ilmuwan, sehingga menjadi ajang untuk berselancar kita ke wilayah dunia manapun.

Perlu kalian ketahui bahwa tak hanya segi positifnya  saja yang timbul dari tower jaringan itu berdiri. Namun ada beberapa dampak bahaya, disebabkan akibat dari gelombang elektromagnetik dari radiasi sinyal yang dihasilkan. Hasil uji coba dari University Of California telah membuktikan, bahwa kesehatan manusia akan menurun ketika manusia tersebut melakukan aktivitas keseharian di sekitar tower pemancar sinyal. Hal itu telah terbukti dari hasil uji coba pada tikus yang didekatkan ke pemancar sinyal ponsel. Yang mana gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari sebuah tower memiliki muatan negatif, serta juga berdampak buruk hingga dapat menyebabkan berbagai jenis gangguan kesehatan.

Nah, Inilah Bahaya Radiasi Tower dan Ponsel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia :

1. Gangguan Alzheimer 
Istilah Alzheimer cukup populer disebut sebagai gangguan Dimensia. Dimana gejala penyakit ini sering kali ditandai dengan melemahnya daya ingat, pola berpikir lebih pendek, tidak bisa mengingat kejadian atau topik yang baru saja dibahas, maupun sulit menuangkan sesuatu ke dalam bahasa. Jika dibandingkan dengan Amnesia, perbedaannya jelas cukup signifikan. Banyak ahli psikolog menyatakan, bahwa radiasi dari sinyal ponsel maupun dari tower pemancar –sangat berbahaya dan dapat menyebabkan gejala Alzheimer. 

Baca : Ada 7 Tahap Penyakit Alzheimer Merusak Kesehatan Otak

2. Gangguan Janin
Perlu kalian ketahui, ternyata efek radiasi sinyal ponsel juga memiliki banyak risiko untuk kesehatan ibu hamil. Jadi, untuk ibu-ibu yang sedang mengandung perlu mewaspadainya. Tentunya Pada Trimester pertama, ibu hamil sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan perangkat Mobile. Karena saat mengaktifkan ponsel pada posisi bersebelahan dengan janin, tentu bahaya radiasi yang timbul akan sangat berpengaruh pada proses perkembangan janin tersebut kedepannya. Selain itu efek dari bahaya radiasi sinyal tower yang tinggi, juga dapat menimbulkan keguguran pada janin yang sedang dikandung.

3. Insomnia
Insomnia termasuk salah satu gejala ringan dari Alzheimer. Tanpa sadar kita menggunakan gadget pada malam hari sebelum istirahat, dan pada saat itu pula kita merasa kesusahan saat tidur. Itu disebabkan bukan karena belum mengantuk, tapi karena radiasi sinyal ponsel terlalu tinggi. Sehingga dapat mengganggu ketenangan otak ketika sedang melakukan rileksasi. Jangan khawatir,  persoalan ini masih tetap bisa dicegah mulai dari sekarang, caranya : Posisi tidur harus berjauhan dengan perangkat elektronik. Dikalangan anak remaja jaman sekarang, tidur sambil bermain ponsel juga sering dilakukan, bahkan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan setiap harinya. Maka alangkah lebih baik kalau kebiasaan itu dapat dihindari, karena akan mampu menimbulkan dampak bahaya bagi kesehatan jangka panjang.

4. Menyebabkan Penyakit Parkinson
Parkinson sendiri bisa dikatakan sebagai gangguan degenerasi sel saraf pada otak bagian tertentu –yang berfungsi mengontrol anggota tubuh kita. Penyebab Parkinson salah satunya kekurangan “dopamine”, sebab itulah aktivitas otak tidak mampu berjalan secara normal.  Selain itu, faktor radiasi sinyal yang tinggi juga dapat mempengaruhi terhadap degenerasi sel saraf pada otak. Sementara gejala awal penyakit Parkinson masih sulit untuk dideteksi. Kebanyakan orang yang memiliki penyakit Parkinson sering merasakan otot kaku, badan lemah, serta tremor yang berlebihan di beberapa anggota badan.


5. Gangguan Telinga
Selain berpengaruh pada otak, ternyata radiasi  ponsel atau tower pemancar sinyal juga berbahaya untuk kesehatan telinga. Permasalahan ini juga sering kita rasakan pada saat meletakkan ponsel tepat di depan telinga, terlebih ketika ada panggilan telepon. Tidak dipungkiri jika demikian itu menjadikan telinga kita terasa gatal, akibat dari efek radiasi ponsel tersebut.

Selain tower sebagai penimbul radiasi berbahaya bagi kesehatan, ponsel juga memiliki efek berbahaya jika menggunakannya di kawasan larangan tertentu,  semisal di dalam pesawat terbang dan SPBU. Apalagi adanya perkembangan teknologi masa kini yang menyediakan jaringan sinyal lebih kuat, tapi juga memiliki risiko radiasi sangat membahayakan. Untuk mengantisipasi terjadinya dampak dari radiasi tersebut, kita wajib melakukan beberapa perubahan dari kebiasaan sebelumnya. Seperti menggunakan ponsel seperlunya ( sesuai kebutuhan produktif ). Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur dengan posisi ponsel berada di sebelah kepala, maka jauhkan ponsel tersebut untuk menghindari dampak negatifnya. 
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Adi. K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel