Inilah Tanda Jika Kesehatan Tubuh Sudah Optimal

Gambar: sportsnutritionvlog
Mencapai kesehatan tubuh secara maksimal merupakan dambaan bagi semua kalangan. Selepas menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai treatment, mungkin saja Anda merasa bahwa keadaan tubuh sudah sehat  atau tidak ada gangguan yang menimpa saat ditanya oleh ahli medis. Tapi kini banyak sekali penyakit kronis secara tak sengaja memberikan prediksi berbeda-beda, bahkan bisa saja tanpa sepengetahuanmu penyakit tersebut sedang mengganggu kesehatan tubuh secara diam – diam. Penyakit yang dimaksud disini bisa berupa : gangguan Auto-imun, serangan jantung, maupun kanker yang datang tanpa menunjukkan gejala pasti.

Diketahuinya tubuh ketika berada pada titik optimal, mulailah mencoba untuk mengenali tanda – tandanya secara detail. Bagaimana caranya ? Mungkin banyak alat pengukur yang harus disiapkan seperti Tensimeter berguna mengukur tekanan darah, tes daya tahan tubuh, pengontrol kadar gula darah, maupun alat cek kolesterol tubuh. Ketika semuanya sudah disediakan, maka kesehatan optimal dapat dikenali melalui banyak tanda yang harus diperhatikan.

Berikut tanda – tanda kalau tubuh kita sudah memiliki kesehatan optimal :

1. Memiliki Microbiome Seimbang
Jika ingin menggapai kesehatan tubuh yang optimal, setidaknya jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan bakteri usus maupun kulitmu. Misalnya : Banyak sekali penyakit terjadi kalau bakteri dalam saluran cerna mengalami gangguan. Saluran cerna tubuh secara umum terdiri atas usus besar dan kecil. Pada malam hari atau di sela – sela waktu makan, biasanya usus mulai berfungsi sebagai Kompleks Motor Migrasi ( MMC ), dimana proses demikian akan mencoba mendorong bakteri usus mulai masuk ke bagian usus besar. Persoalan yang dikhawatirkan yaitu bilamana sistem MMC mulai terjadi penurunan fungsi, akibatnya bakteri asing mampu tumbuh ke usus kecil yang disebut SIBO.  
Lebih parahnya kalau sampai bakteri itu dibiarkan mengendap di usus kecil, maka akan bisa memilah makanan di daerah yang salah. Sehingga dapat menyebabkan  gas / bengkak dan bisa berakhir dengan masalah sindrom usus yang bocor serta gangguan Auto-imun. Tidak hanya itu, Saluran pencernaan ini juga mampu memburuk ketika dihadapkan oleh pertumbuhan jamur Candida, yang terkadang masuk tanpa sepengetahuan kita. Maka hendaklah kita dapat menjaga kesehatan bakteri pada organ usus, serta mengenali akan tanda – tandanya ketika mengalami masalah medis.

Keseimbangan bakteri  pada kulit pun juga harus diperhatikan. Berdasarkan hasil penelitian berasal dari Shanghai Jiao Tong University, menunjukkan terdapatnya mikroorganisme pada kulit kepala terutama jamur, diyakini menjadi penyebab utama atas perkembangan ketombe. Sehingga menyesuaikan keseimbangan bakteri kulit kepala bisa jadi solusi guna mengurangi adanya ketombe. 

2. Sifat Kepribadian Berumur Panjang
Memiliki sifat kepribadian berumur panjang juga sangat memengaruhi akan kesehatan optimal dari segi psikologi seseorang. Berdasarkan hasil studi dalam American Psychological Association, menunjukkan terdapatnya ciri – ciri kepribadian terhadap orang yang memiliki umur lebih panjang dan sehat, Diantaranya :  keterbukaan, kesadaran, stabilitas emosional, energi dan stamina, keramahan dan ekspresi emosi. 

3. Hormon yang Seimbang
Ketidakseimbangan hormon yang terjadi semisal : Kelelahan Andrenal, kurang seimbangnya hormon Progresteron, Estrogen, masalah Tiroid, semuanya itu tentu dapat menghalangi kebaikan sistem dalam tubuh kita. Karena hormon memiliki peran utama, terlebih mengenai cara kita dalam menjalani rutinitas sehari – hari. Jadi, mempunyai hormon seimbang bisa menunjukkan tanda akan kondisi tubuh yang sehat. Tapi kalau bermasalah, maka hendaknya kita dapat mengatasi persoalan demikian, baik berupa menjalani perawatan tertentu maupun mengonsumsi sejumlah makanan penyeimbang hormon.

4. Gula Darah Stabil
Gambar: handsonhealth-sc
Tingkat gula darah tidak seimbang mampu mengakibatkan kondisi mental seseorang lebih buruk. Misalnya : Perasaan mudah marah, tersinggung, serta sering merasa lemas hingga cukup mengganggu rutinitas sehari – hari. Bukan hanya itu yang terbengkalai, persoalan resistensi insulin akan membuat ketidakseimbangan hormon, bahkan bila terus dibiarkan akan dapat memicu malapetaka untuk kesehatan tubuh seperti timbulnya penyakit diabetes. Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu lakukanlah kontrol kadar gula darah sesering mungkin, terlebih ketika mulai mengenali beberapa gejala atau tanda bahwa gula darah  tubuh mulai tidak seimbang / bermasalah.

5. Berat Badan Ideal
Pertanda tubuh sehat secara optimal memang dapat berkaitan dengan berat badan tubuh. Seseorang dapat dikatakan memiliki “ Badan Sehat Optimal ” ketika antara tinggi , berat badan dan lingkar tubuh mampu seimbang, baik mulai lingkar kepala, leher, dada dan lainnya. Kalau seandainya Anda sudah mempunyai kondisi demikian, tapi terkadang keseimbangannya masih fluktuatif, biasanya ada suatu hal terjadi pada keadaan hormon serta tingkat peradangan. 

6. Memiliki Kulit Sehat
Terdapatnya gangguan kulit mampu menandakan bahwa masih ada bagian tubuh yang mungkin tidak bekerja dengan baik, semisal : Munculnya eksim, jerawat, ruam dan Psoriasis, tentu sebagian dari itu ada kaitannya dengan kinerja sistem pencernaan dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan oleh seorang ahli dermatologi yaitu John H. Stokes dan Donald M. Pillsbury menunjukkan, ada hubungan cukup signifikan antara otak, organ usus dengan kesehatan kulit kita. Dimana dalam penelitian tersebut menyatakan, bahwa kemampuan Microbiome usus dan Probiotik oral dalam memicu pengaruh peradangan sistemik, kandungan jaringan Lipid, kontrol Glikemik, sampai dengan mood, bisa jadi itu semua mempunyai implikasi penting pada jerawat. 

Jadi kalau ingin mendapatkan tubuh sehat secara optimal, maka perhatikan juga kesehatan kulitmu. Karena kulit sehat termasuk sebagian tanda dari kesehatan tubuh. Bilamana keadaan kulit masih terdapat gangguan, maka segeralah melakukan perawatan, baik menggunakan treatment modern atau memilih cara tradisional. Namun sebelum melakukan perawatan, sebaiknya ketahuilah jenis kulitmu terlebih dahulu, agar penggunaan metode yang diterapkan dapat bekerja lebih maksimal serta tidak menyebabkan masalah.

7. Tidak Duduk Sepanjang Waktu
Duduk terlalu lama seringkali dikaitkan dengan keadaan tubuh sedang tidak sehat. Bahkan kebiasaan buruk ini kerap mengakibatkan kekakuan pada bagian tubuh tertentu, menimbulkan dampak buruk jangka panjang seperti : diabetes, fleksibilitas tubuh terganggu dan sebagainya. Maka seringlah untuk sesekali melakukan peregangan setiap duduk berlama – lama di kantor, ketika menonton TV serta berbagai aktivitas lainnya. 

8. Berkeringat
Berkeringat yang dimaksud disini yaitu bahwa Anda memiliki banyak rutinitas sehat seperti : olahraga, yoga, berjalan cepat atau mengikuti jenis latihan tertentu, yang berarti elastisitas tubuh tetap terjaga dengan baik. Semakin banyak tubuh mengeluarkan keringat seusai latihan, maka secara tak sengaja bermanfaat meningkatkan kinerja BDNF ( faktor Neurotropika diturunkan dari otak ) supaya tubuh mampu meregenerasi sel – sel otak lebih cepat. Kegunaan BDNF ini juga memberikan efek tenang sehingga tidak mudah mengalami depresi. 

- Dari semua perkara diatas, masih terdapat pula tanda - tanda umum yang menunjukkan bahwa tubuh kita sudah sehat secara maksimal, diantaranya :

a. Hasrat mudah terpuaskan
b. Tidur cukup dan tepat sasaran
c. Gemar mengonsumsi makanan sehat ( seperti buah dan sayuran )
d. Mengonsumsi obat – obatan seperlunya
e. Tidak mudah stres
f.  Mendapat cukup asupan air putih

Jadi kalau kamu semua ingin memiliki kesehatan tubuh yang optimal, maka jangan lupakan beberapa poin tersebut, guna menakar kembali bagaimana sebenarnya kesehatan tubuhmu sekarang, apakah sudah sesuai dengan hal itu semua ?
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Ar. M

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel