7 Manfaat Penting Kulit Buah Delima untuk Kesehatan

Gambar : healthy-holistic-living
Kulit delima janganlah dibuang, karena jika kamu belum mengerti akan berbagai kandungan hebat menyertainya. Maka mulai sekarang cobalah menyisihkan bagian kulitnya sehabis kamu konsumsi daging buahnya. mengapa..? memang daging buah delima kerap dikonsumsi untuk menjadi jus, minuman, bahkan dimakan secara langsung, karena telah diyakini dapat menunjang kesehatan jasmani. Sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Nature, bahwa eksplorasi para ilmuan Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne dan perusahaan Amazentis, telah menghasilkan temuan terdapat molekul dalam buah delima dapat ditranformasikan oleh mikrobiota usus. Sehingga memiliki kemungkinan besar bermanfaat melindungi sel – sel otot dari penyebab penuaan dini. 

Lantas bagaimana dengan manfaat kulit buahnya..? Kulit delima yang sering dibuang, ternyata mampu menawarkan manfaat mengagumkan jika kamu tak hanya mengunyah biji berlapis daging delimanya saja. Tapi gunakan juga kulitnya sebagai resep obat alami untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa laporan mengenai fungsi kandungan kulit delima di antaranya : Bertindak menjadi agen antijamur dan antibakteri cukup potensial. Tidak menutup kemungkinan akan kegunaannya berperan sebagai antimikroba sebagaimana manfaat daging buah delima. 

Berikut manfaat kulit delima untuk kesehatan tubuh :

1. Obat Sakit Tenggorokan
Kulit delima diyakini mengandung sifat anti-inflamasi, kalau kamu sedang sakit tenggorokan dapat memanfaatkannya untuk bahan pengobatan tradisional. Dalam penangan panyakit ringan seperti batuk atau sakit tenggorokan, ramuan terbuat dari kulit delima cukup efisian karena mampu memberikan efek melegakan. Jika berminat, Rebus segenggam kulit delima kering dengan air secukupnya, lalu jadikan airnya untuk berkumur sesering mungkin. Sebagian kalangan mungkin tidak hanya membuat air rebusan kulit delima untuk obat sakit tenggorokan. Bahkan, ada pula yang menjadikannya guna meringankan amandel.

2. Melindungi Jantung
Penyakit jantung tentu sudah merenggut banyak jiwa. Untuk menjadikan jantungmu tetap sehat, banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari mengatur pola makan, minum cukup air, dan tidak lupa berolahraga. Sama halnya kulit delima yang diperkaya dengan kandungan antioksidan kuat berguna melawan adanya gangguan jantung. kamu dapat mengolahnya jadi minuman segar menemani waktu senggang.

Kulit delima sudah dapat ditemukan dalam bentuk bubuk atau kalau masih sulit untuk mendapatkannya. Maka ambilah satu genggam kulit delima kering, bersihkan, kemudian rebus dengan air. Saring airnya lalu tuangkan ke dalam gelas dan minum setiap hari disamping melakukan olahraga secara rutin.

3. Membersihkan Racun 
Pengendapan racun dalam tubuh akan cukup membahayakan jika tidak segera dibersihkan. Sebenarnya tubuh kita sudah memiliki ginjal dan hati sebagai penyaring alami akan berbagai macam toksin itu. Tapi kalau sampai jumlahnya berlebihan, bisa jadi racun - racun tersebut malah semakin sulit untuk dikeluarkan. Mengulik kembali manfaat kulit buah delima yang kaya akan antioksidan, ternyata fungsinya dapat dijadikan obat untuk menghilangkan akumulasi toksin dari dalam. Untuk mengambil khasiatnya, kamu dapat mengambil Kulit delima yang kering  untuk diolah menjadi minuman.


Gambar : alzheimertierradebarros

4. Mencegah Alzheimer
Mendapat asupan delima secara teratur akan menghasilkan banyak manfaat untuk kesehatan. Terlepas dari daging buahnya, kulit delima diyakini mengandung lebih banyak antioksidan yang berguna untuk menangkal penyakit dimensia. Bahkan, mereka juga sering disebut – sebut sebagai kunci terobosan untuk penanggulangan alzheimer. Catatan ilmiah dari para ilmuan berasal dari University of Huddersfield, Inggris, menunjukkan zat palifenol delima yang disebut punicalagin terbukti mampu menekan peradangan sel otak mikrologia. Mayoritas senyawa antioksidan tersebut banyak ditemukan pada kulit luar buah delima.

5. Mencegah Penuaan
Nilai gizi buah delima memang telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tanaman delima tumbuh berkembang sehingga banyak kalangan yang memanfaatkan bagian buahnya sebagai obat tradisional. Sebagiamana bagiana kulit delima dijadikan bahan alami untuk mengendalikan dampak penuaan dini. Berdasarkan hasil penelitan pada tahu 2011, para ilmuan berada di laboratorium ProbelteBio, Murcia, Spanyol, mencoba menguji manfaat antioksidan ekstrak delima ( meliputi kulit, buah dan biji ). Dari situ menemukan bagi kelompok yang sudah diberikan kapsul ekstrak buah delima tersebut mampu mengurangi terjadinya kerusakan sel secara signifikan. 

Penuaan disebabkan oleh kerusakan sel, pastinya akan timbul akibat bermacam – macam. Bukan hanya terlihat secara kasat mata, namun banyak kerugian bagi organ dalam tubuh, semisal : fungsi otak terganggu, otot - otot melemah, gangguan fungsi ginjal, dan penurunan produktifitas hati ( liver ).

6. Mengatasi Kulit Keriput
Kulit keriput sepertinya condong terhadap efek penuaan bukan..? sehingga dampaknya tidak hanya mengganggu kesehatan tapi juga berdampak buruk terhadap kepercayaan diri. Kulit buah delima menyimpan segenap senyawa alami untuk mengatasinya. Banyak kalangan percaya jika kulit delima diseduh menjadi minuman segar, meski terasa pahit namun khasiatnya amat manjur dalam mencegah kerusakan sel – sel pada kulit. Sebagian penelitian menunjukkan bahwa ektrak kulit buah delima saat dikombinasikan dengan minyak biji delima, keduanya akan menghasilkan sintesis procollagen. Keuntungannya bagi kulit, mereka mampu mencegah enzim pemecah kolagen dan meningkatkan pertumbuhan kulit secara lebih efektif.

7. Menguatkan Tulang
Buah delima dikenal mengandung vitamin baik untuk kesehatan tulang. Tentunya Gaya hidup sehari – hari tidak dipungkiri akan berpengaruh terhadap keseimbangan tulang. Melakukan peregangan atau latihan sejenak sangat cocok untuk membuat otot beserta tulang tetap elastis. tapi sebelumnya juga tidak boleh dilewatkan mengenai nutrisi yang dibutuhkan agar tulang dapat lebih mudah melakukan perbaikan. Vitamin C pada kulit delima memiliki peranan penting guna mendukung perbaikan dan perawatan tulang. Jadi, kalau ingin tulangmu kuat, dapat menggunakan kulit delima sebagai teh atau seduhan lainnya.

Baca : Berbagai Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Ditulis Oleh : Arbamedia / Ar.M

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel